Total Tayangan Laman

Kamis, 14 April 2011

Sejarah Cincau & Cara Membuatnya

Spoiler for History Cincau
Cincau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh.



Tumbuhan penghasil cincau bermacam-macam.
  • Tumbuhan dari genus Mesona, terutama M. procumbens, M. chinensis yang banyak diproduksi di Tiongkok bagian selatan serta Indocina, atau M. palustris (dikenal dengan nama lokal Janggelan) yang banyak digunakan di Indonesia, menghasilkan cincau hitam;
  • Cylea barbata Myers atau cincau hijau, menghasilkan cincau berwarna hijau dan agak lebih padat konsistensinya;
  • Melasthoma polyanthum atau cincau perdu.
"Buah" (secara botani bukan buah, tetapi syconia) Ficus pumila (fikus rambat) di Tiongkok juga digunakan sebagai bahan jenis cincau lain yang disebut "pai-liang-fen" dan diperdagangkan sebagai grass jelly (sama seperti cincau) atau ai-yu jelly.

Spoiler for Manfaat Cincau
Menurut penelitian, cincau hijau memiliki khasiat mengendalikan hipertensi atau penyakit darah tinggi. Zat-zat yang terkandung dalam cincau hijau dapat manfaatkan sebagai bahan pembuat obat-obatan, di samping digunakan sebagai minuman penyegar.

Tanaman yang bernama latin Cyclea barbata dan termasuk dalam suku sirawan-sirawanan (Menispermaceae) ini daunnya telah diteliti mengandung karbohidrat, polifenol, saponin, flavonoida dan lemak. Kalsium, fosfor, vitamin A dan B juga ditemukan dalam daun cincau hijau.

khasiat cincau untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi.Selain itu kandungan serat di dalam cincau juga tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan terhadap cincau mengungkapkan terdapat 6,23 gram per 100 gram kandungan serat kasar dalam gel cincau.Ini berarti bila cincau dikonsumsi bersama dengan buah dan sayur mayur sehari-hari bisa memadai untuk memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 gram sehingga bisa membantu memerangi penyakit degeneratif seperti jantung koroner. Sementara itu kalori yang terkandung di dalamnya adalah 122 kalori dan protein sebesar 6 gram.


Manfaat Lain dari Cincau :

1. Panas Perut, Tekanan Darah Tinggi
Sediakan 20 helai daun cincau hijau lalu dicuci bersih. Remas-remas lalu beri 1 gelas air minum dingin lalu saring dengan kain. Tambahkan jeruk nipis sesuai selera. Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar. Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau sirup atau gula aren cair yang sudah dimasak dengan pandan lali diminum.

2. Disentri
Buat ramuan seperti telah disebutkan pada nomor satu. Minum selama seminggu berturut-turut.

3. Sariawan
Lakukan dengan ramuan seperti yang telah disebutkan pada nomor satu selama 5 – 7 hari berturut-turut.

4. Bisul
Sediakan daun cincau hijau secukupnya. Cuci bersih kemudian dilumatkan dan ditempelkan ke bagian yang bernanah. Ini berkhasiat untuk mengeluarkan nanahnya.

5. Demam
Ambil rimpang tanaman cincau, cuci bersih kemudian diiris halus. Rebus dengan air secukupnya. Minum ramuan tersebut setelah matang. Bisa juga rimpang tersebut diseduh dengan air panas secukupnya kemudian diminum.

Entah sejak kapan cincau ada di Indonesia, yang pasti bukan asli Indonesia. Dari namanya kita sudah bisa menebak dari mana asal cincau ini (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao). Konon cincau dipercaya banyak mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh, Yang diketahui pasti cuma satu, cincau baik untuk panas dalam dan sungguh enak diminum ketika cuaca panas terik.

Berikut adalah Cara Pembuatan Cincau,Jadi kalo agan2 ada yang mau buat Cincau sendiri bisa mengikuti Langkah-langkah berikut ini

Spoiler for Pembuatan Cincau

Resep Bahan Cincau Hijau :
  1. daun cincau 40 lembar yang sedang, cuci bersih
  2. air matang 300 ml

Cara Membuat Cincau Hijau :

  1. Remas-remas daun cincau
  2. Tuang 1/2 bagian air sedikit demi sedikit sambil terus diremas-remas hingga keluar lendir/gel berwarna hijau.
  3. Saring remasan daun cincau.
  4. Remas-remas kembali ampas (daun cincau) sambil tuang sisa air hingga keluar lendirnya. Saring.
  5. Simpan hasil saringan daun cincau dalam lemar pendingin hingga beku selama kurang lebih 3-4 jam. Cincau hijau siap digunakan.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar