Total Tayangan Halaman

Minggu, 27 Maret 2011

tempe lebih bergizi dibanding daging sapi


Tempe makanan asli Indonesia ini dibuat dari olahan kedelai yang difermentasi. Tempe sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Tempe cenderung ditemukan dalam berbagai jenis masakan Indonesia mulai dari tempe goreng, tempe bacem, hingga tempe yang digunakan sebagai bahan tambahan masakan lain seperti gado-gado


Ironisnya tempe cenderung diremehkan dan dianggap "murahan" karena harganya yang memang murah. Tapi tahukah anda bahwa tempe lebih "bergizi" dibandingkan daging sapi 


Berikut perbandingan nutrisi tempe dan daging sapi


Tabel tersebut menampilkan fakta nutrisi dari 100 gr tempe dan daging sapi. Dari tabel tersebut tempe memiliki kandungan protein sedikit lebih tinggi dibandingkan daging sapi, dan seperti yang diketahui kualitasnya juga tidak kalah jika dibandingkan daging sapi karena tempe dibuat dari kacang kedelai yang memiliki kandungan asam amino esensial penting.


Dilihat dari perbandingan lemak, kandungan lemak tempe lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi, sehingga dapat mengurangi potensi kegemukan atau penyakit lainnya akibat timbunan lemak berlebih.


Kelebihan lain tempe terlihat pada kandungan kalsium. Seperti yang kita ketahui kalsium dibutuhkan tubuh untuk pembentukan tulang. Jadi tempe sangat baik dikonsumsi untuk saudara2 yang sedang dalam masa pertumbuhan.


Bicara soal vitamin, tempe juga mengandung kandungan vitamin B yang lebih banyak dari daging



Tidak ada komentar:

Posting Komentar